Hari Pertama Masuk Sekolah, Harga Ayam Turun Pembeli Masih Sepi

Berita Haluan.com -PALEMBANG– Harga ayam potong (boiler) di Palembang, pekan ini mengalami penurunan sangat siknifikan di hari senin 6/1/20. Dari harga semula Rp 30.000 turun hingga menjadi Rp 26.000/Kg. Dari pantau lapangan wartawan Berita Haluan.com. Suasana pasar pedagang ayam tampak sepi pembeli tidak seperti hari biasanya.   

Rohman salah satu pedagang yang sehari-hari berjualan di pasar 7 Ulu Palembang menceritakan “bukan saja pembeli ayam saja yang sepi, namun pedangang lain seperti pedagang ikan dan sayur-sayuran pun sepi pembeli”. Mungkin dikarenakan dampak dari mulainya anak masuk sekolah hari pertama, sehingga ibuk -ibuk banyak yang tidak kepasar mengantar anak pergi ke sekolah. Ujar Rohman

Di tempat terpisah, Ibrahim salah satu pedagang di pasar Kuto mengatakan hal senada “di pasar Kuto justru banyak pedagang ayam yang tidak habis, sehingga ayam menumpuk di meja para pedagang, ayam yang tidak habis paling di simpan di kulkas besok jual lagi, namun harga jual jatuh”.

Lebih lanjut Ibrahim mengatakan “kami jual sudah murah Rp 26.000/kg harga tersebut sudah murah, prinsip saya dari pada Bawak ayam kerumah yang tidak laku di jual, lebih baik jual murah, balik modal sudah cukup”. 

Sementara itu, salah satu agen Ismail (mael) mengatakan hal yang berbeda, foktor sepinya pembeli dikarenakan bobot ayam har ini lebih besar dari biasanya, pembeli lebih senang ayam berukuran kecil dari 1.5 kg sampai 1.8 kg/ ekor ukuran ayam har ini sangat besar bisa mencapai 2kg/ekor. Ujar mael yang sudah bertahun-tahun menjadi agen ayam potong.

“Kondisi seperti ini tidak asing lagi, biasa namanya juga pedangang kadang sepi kadang rami, hal yang terpenting bagaimana tetap menjaga kualitas ayam dan tidak bermain di timbangan”. Pungkas Ismail (***ADS)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *