Jembatan Ampera Palembang Ditutup Malam Ini, Berikut Dua Jalur Alternatif yang Bisa Anda Pilih

 Jembatan Ampera ditutup malam nanti sambut Tahun Baru 2020, ini dua rute alternatif yang bisa kamu pakai.

Seperti pemberitaan sebelumnya, jelang pergantian tahun Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Anom Setiadji memastikan  akan melakukan penutupan Jembatan Ampera Palembang pada malam pergantian tahun 2019-2020.

Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Anom Setiadji, mengatakan berdasarkan hasil evaluasi bersama pihak terkait, bahwa untuk menghindari penumpukan arus kendaraan dan orang, mengingat usia dan kekuatan Jembatan Ampera Palembang yang sudah mengalami penyusutan.

“Ada beberapa titik yang perlu diantisipasi agar tidak terjadi penumpukan di atas jembatan, jadi diputuskan dilakukan penutupan.

Tapi untuk waktunya kita lihat perkembangan di lapangan,” ujar Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Anom Setiadji Senin (31/12/2019).

Dijelaskan Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Anom Setiadji, warga yang melintas pada saat terjadi kepadatan arus maka akan dialihkan ke jalur alternatif, seperti melalui Jembatan Musi II Palembang dan Musi IV Palembang.

“Semua ini dilakukan agar masyarakat Kota Palembang yang merayakan malam tahun baru dapat aman dan nyaman,” ujar Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Anom Setiadji.

Menanggapi diberlakukannya penutupan jalan jelang tahun baru 2020 nanti malam, ada 2 alternatif jalan yang bisa dipilih untuk menyebrangi daerah hulu dari hilir.

Kamu bisa memilih jembatan Musi II dan Musi IV untuk sebagai jalur Alternatif.

Bagi Anda yang tinggal di sekitar kecamatan Ilir Barat I , Ilir Barat II, Alang-alang Lebar, Gandus dan Sukarame, jembatan Musi II menjadi rute yang paling cepat untuk bisa ke daerah hulu.

Sedangkan untuk Anda yang tinggal di sekitar Ilir Timur 1, Ilir Timur 2 dan Ilir 3 bisa memilih jembatan Musi IV menjadi rute tercepat untuk menyebrang ke hulu.

Pun sebaliknya bagi warga Hulu yang akan menyebrang ke Ilir bisa melewati 2 jalur anternatif tersebut.

Jembatan Musi II (dua) adalah sebuah jembatan yang membelah Sungai Musi di Kota Palembang, Provinsi Sumatra Selatan, Indonesia.

Jembatan ini berada di Kecamatan Gandus di Seberang Ilir dan Kecamatan Kertapati Seberang Ulu.

Struktur

  • Provinsi: Sumatra Selatan
  • Sektor: Direktorat Jenderal Bina Marga
  • Tahun: 1994
  • Panjang Total:520 m
  • Lebar: 9 m
  • Jenis: Rangka baja Australia.
  • Bentang utama: 100 meter.
  • Bentang pendekat pertama: 5×60 meter (300 meter)
  • Bentang pendekat kedua: 4×30 meter (120 meter).

Kondisi

Kondisi Jembatan Musi II memprihatinkan dan butuh perawatan mendesak.

Penyebabnya, ratusan bautnya sudah banyak yang tidak berfungsi lagi atau kendor dan patah.

Jembatan ini juga dikhawatirkan akan penggunaan tongkang batubara yang melintas di bawahnya.

Pasalnya, jembatan rangka baja ini tidak didisain menahan benturan tongkang dengan bobot 15.000 ton.

Rencana Duplikasi

Jembatan Musi II direncanakan untuk dilakukan duplikasi. Duplikasi akan dibangun awal 2012.

Pembebasan lahan didanai Pemprov Sumsel melalui dana APBD sedangkan pembangunan fisik jembatan menggunakan dana APBN yang besarannya diperkirakan Rp 150 miliar.

Nantinya, duplikasi ini memiliki panjang 644,881 meter, lebar 11 meter, dan ada dua jalur kendaraan.

Ketinggian jembatan dari muka air normal 14,9 meter dan dari muka air banjir 17,12 meter.

Pada bagian atas bentang utama dipasang pelengkung baja menerus. Ada empat lengkung kecil dan satu lengkung besar.

AJembatan Musi IV

Jembatan tipe extradozed (perpaduan kabel dengan gelagar kotak/box girder) ini memiliki panjang 1.130 meter dan lebar 12 meter bertujuan mengurangi beban lalu lintas Jembatan Ampera dan meningkatkan konektivitas di Kota Palembang.

Jembatan yang menghubungkan Ulu dan Ilir Kota Palembang ini pun memiliki daya tahan hingga 100 tahun dan lebih tahan gempa.

Panjang jembatan lebih dari 1.300 meter dan telah menelan dana sekitar Rp 553 miliar selama pembangunan 4 tahun terakhir.

Pembangunan Jembatan Musi IV ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat di sekitar dalam beraktifitas dan sebagai bentuk pengelolaan APBN yang baik dan tepat untuk membangun infrastruktur Indonesia.

artikelini telah tayang di

https://palembang.tribunnews.com/2019/12/31/jembatan-ampera-palembang-ditutup-malam-ini-berikut-dua-jalur-alternatif-yang-bisa-anda-dipilih?page=all

(as)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *